Pages

Sabtu, 21 Juli 2012

Apakah gas metana itu?

Jakarta (ANTARA News) - Gas metana tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga dapat menghasilkan energi yang besar karena satu meter kubik gas metana setara dengan energi yang dihasilkan 0,48 kg gas Elpiji (LPG).

Gas metana yang dalam bahasa Inggris Methane gas, memiliki unsur kimia CH4, merupakan komponen utama dari biogas. Gas metana pada suhu ruangan dan tekanan standar, termasuk gas yang tidak berwarna dan tidak berbau. 

Gas ini sangat mudah terbakar tetapi hanya memiliki konsentrasi pada kisaran 5--15 persen di udara. Sedangkan metana berbentuk cair (liquid methane) hanya dapat dibakar apabila mengalami tekanan tinggi sekitar 4--5 atmosfer.

Pembentukan gas metana melibatkan mikroba yang sangat kompleks, dan secara bertahap akan merombak bahan organik di dalam limbah cair atau limbah padat hingga dihasilkan gas metana. Perombakan ini terjadi dalam kondisi tanpa oksigen (O2) yang disebut kondisi anaerob.

Gas metana dapat dihasilkan dari perombakan anaerobik senyawa-senyawa organik, seperti padalimbah cair kelapa sawit, limbah kotoran ternak atau kotoran manusia. 

Pada limbah cair kelapa sawit, secara alami gas ini dihasilkan pada kolam-kolam pengolahan limbah cair di tempat pengolahan kelapa sawit (PKS). Limbah cair di dalam kolam-kolam terbuka akan melepaskan gas metana dan karbon dioksida (CO2). Keduanya berbahaya bagi lingkungan karena berpengaruh dalam penyebab efek rumah kaca.

Secara alami proses ini sangat lambat dan gas yang dihasilkan juga sedikit. Akan tetapi untuk merombak limbah kelapa sawit menjadi biogas dalam jumlah masif dapat dilakukan dengan sedikit rekayasa.

(E012)
Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sumbalinga

"Saya tidak takut pada orang yang berlatih sekali untuk 10.000 tendangan, tapi saya takut pada orang yang berlatih satu tendangan sebanyak 10.000 kali"
Bruce lee