Pages

Sabtu, 21 Juli 2012

Manusia Purba Neandhertal Pintar soal Nutrisi Makanan

JIKA ada yang bilang bahwa manusia saat ini lebih pintar ketimbang manusia purba, maka harus dipikirkan lagi. Boleh jadi, manusia saat ini pintar dalam hal teknologi dan sains, tapi bagaimana dengan urusan pola makan dan nutrisi dari alam?

Ternyata, sebuah penelitian menyebutkan bahwa manusia yang hidup puluhan ribu tahun lalu mempunyai tingkat kepintaran yang lebih baik dari manusia zaman modern dalam hal pola makan dan kesehatan.

Penelitian yang dilakukan oleh para pakar Inggris, Spanyol, dan Australia menemukan bukti molekuler pertama tentang kebiasaan pola makan manusia Neanderthal. Manusia ini hidup dalam rentang waktu 24 ribu hingga 30 ribu tahun lalu.

Sebelumnya, manusia purba Neanderthal sempat dikira hanya memakan daging (carnivora). Tapi para pakar dari berbagai negara itu menyebutkan bahwa manusia Neanderthal juga memakan sayuran.

Hipotesis tersebut didapat setelah para peneliti mencermati kandungan mikrofosil plak di gigi manusia purba yang berada di El Sirdn, Spanyol. Kandungan mikrofosil plak gigi itu menggambarkan bahwa pola makan manusia Neanderthal tidak cuma memakan daging, tapi juga sayur, buah, dan kacang-kacangan.

"Manusia purba memiliki pengetahuan yang kompleks tentang lingkungan sekitarnya, termasuk kemampuan untuk memilih tumbuhan tertentu yang bernutrisi bagus untuk mereka makan dan pengobatan," kata Karen Hardy, salah seorang peneliti seperti dikutip Dailymail.

Selain itu, manusia purba itu juga menyantap makanan dengan cara dimasak terlebih dahulu. Bahkan, mereka juga mengetahui dan paham tentang nutrisi dan manfaat medis yang dikandung makanan tersebut. (Dailymail/Wrt3)


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sumbalinga

"Saya tidak takut pada orang yang berlatih sekali untuk 10.000 tendangan, tapi saya takut pada orang yang berlatih satu tendangan sebanyak 10.000 kali"
Bruce lee