Pages

Kamis, 19 Juli 2012

Ular "Kukri" Pemakan Telur Ditemukan



PHNOM PENH, KOMPAS.com — Ilmuwan dari Flora Fauna International menemukan spesies ular baru di wilayah Pegunungan Cardamom di Kamboja. Ular baru tersebut termasuk dalam golongan ular kukri, sejenis ular yang memiliki taring serupa pisau.
Ular yang ditemukan diberi nama Oligodon kampucheaensis, sesuai nama negara tempat ular itu ditemukan. Menurut ilmuwan, ular kukri ini berbeda dengan ular kukri yang sebelumnya sudah ditemukan.
"Kebanyakan ular kukri berwarna pucat. Namun, ular ini berwarna merah dengan cincin berwarna hitam dan putih, membuatnya tampak sebagai ular yang cantik," ungkap Neang Thy, pakar reptil dari Kamboja, seperti dikutip Reptile Channel, Senin (16/7/2012).
Thy yang turut menemukan dan mengidentifikasi ular itu menyatakan bahwa ia merasa bangga. Sekian lama, dunia sains Kamboja terpuruk di bawah rezim Pol Pot. Kini, sains negara itu bisa sedikit berbangga dengan penemuan ular ini.
Ular kukri ini tidak berbahaya bagi manusia. Taring yang dimiliki berguna untuk mencengkram telur mangsa untuk ditelan utuh. Keberadaan ular ini terancam oleh perusakan habitat di wilayah Pegunungan Cardamom.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sumbalinga

"Saya tidak takut pada orang yang berlatih sekali untuk 10.000 tendangan, tapi saya takut pada orang yang berlatih satu tendangan sebanyak 10.000 kali"
Bruce lee