Pages

Minggu, 22 Juli 2012

Wow..tulang palsu dari sisik ikan!


Jakarta (ANTARA News) - Duo peneliti asal Jepang, Toshiyuki Ikoma dan Junzo Tanaka baru-baru ini berhasil mengembangkan teknologi untuk memproduksi tulang palsu dari sisik ikan dan apatit.

Teknologi ini memungkinkan pembentukan serat tulang baru dalam waktu tiga bulan. Ini lebih cepat ketimbang menggunakan kolagen yang berasal dari babi.

"Penggunaan kolagen yang berasal dari ikan juga mengurangi potensi terinfeksinya manusia dengan virus yang berasal dari babi. Material ini sangat aman," tegas Ikoma.

Keistimewaan tulang artifisial yang berasal dari  kolagen ikan dan apatit yang ditemukan dalam penelitian tersebut adalah tulang artifisial lebih kuat karena tingkat kepadatannya tinggi, demikian seperti dikutip dari laman Sciencedaily.

Kemudian tulang buatan yang diimplan ke tulang yang cacat mendapatkan transformasi serat-serat tulang lebih cepat ketimbang menggunakan kolagen dari babi.

"Salah satu tujuan penelitian kami menggunakan kolagen dari ikan adalah untuk pengobatan tumor tulang yang diderita para lanjut usia yang tulang mereka membutuhkan waktu lama dalam beregenerasi," jelas Ikoma.

"Kolagen ikan merupakan material yang berpotensi menjadi material kunci untuk perkembangan penelitian tulang artifisial dan terapi tulang," tambah Ikoma.

Karakteristik unik kolagen dari ikan berpotensi digunakan dalam produksi kosmetik. Ikoma telah berhasil memproduksi kosmetik dari kolagen ikan dan berikutnya mereka akan memproduksi substrat kultur sel, perancah bagi rekayasa serat, dan biomaterial yang dapat diimplan.
(E012)
Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sumbalinga

"Saya tidak takut pada orang yang berlatih sekali untuk 10.000 tendangan, tapi saya takut pada orang yang berlatih satu tendangan sebanyak 10.000 kali"
Bruce lee