Pages

Selasa, 18 September 2012

Pria Dibalik Kesuksesan Hitler Volkswagen

Artikel ini akan menceritakan sedikit tentang kisah perjalanan hidup Josef Ganz, seorangengineering keturunan Yahudi yang telah berhasil menciptakan mobil kecil revolusioner: Maikäfer (May Bug). Tujuh tahun kemudian Hitler memperkenalkan Volkswagen. Nazi tidak hanya mengambil konsep mobil keluarga dari Joseph Ganz, bahkan mobil yang mereka produksi diberikan dengan nama yang sama “Volkswagen”.

Volkswagen
Josef Ganz lahir di Budapest pada musim panas tahun 1898 dan dibesarkan di Wina, Austria. Pada usia yang  sangat muda Joseph Ganz sudah mampu menunjukkan bakatnya di bidang teknik. Di usia 12 tahun dia mendapatkan paten pertamanya untuk penemuan alat pengaman pada trem listrik (electric street car). Setelah selesai bertugas di perang dunia ke I, Ganz pindah ke Jerman, dimana dia belajar tentang teknik mesin.
Pada tahun 1923, sebagai seorang mahasiswa, Ganz mulai mengembangkan mobil kecil inovatif, bermesin mid-mount, suspensi independen, dan bodi mobil ramping. Setelah mengalami kecelakaan sepeda motor yang cukup parah, yang hampir membuatnya kehilangan kaki kanannya, pengembangan Ganz-Klein-Wagen sementara dihentikan.

Volkswagen HistoryProspektus Ganz-Klein-Wagen dengan mesin di tengah dan bodi mobil ramping

Motor-Kritik
Josef Ganz dikenal sebagai kritikus mobil-mobil yang diproduksi pada tahun 1920, yang dia anggap sebagai “devil carts”, dibuat dengan cara tidak efisien. Sebagai seorang jurnalis lepas, dia mulai menyumbangkan artikel untuk majalah otomotif dimana dia mendesak industri otomotif menggunakan state of the art (state of the art mengacu pada tingkat pengembangan pada perangkat, prosedur, proses, teknik atau sains yang dicapai pada waktu tertentu sebagai akibat dari metodologi umum yang digunakan).
Kritikan ini membuat Ganz ditunjuk sebagai kepala editor pada majalah otomotif Klein Motor Sport. Ganz menggunakan publikasi ini sebagai wadah untuk mempromosikan desain mobil yang inovatif. Karena kritik kerasnya terhadap produsen mobil pada saat itu, Ganz tidak mendapatkan dukungan dari para produsen mobil, namun majalahnya menjadi pengaruh besar bagi industri otomotif pada saat itu. Pada tahun 1929, Ganz merubah nama majalahnya menjadi Motor Kritik.

Volkswagen HistorySampul depan majalah Klein-Motor-Sport, 1928

May Bug Prototype
Pada tahun 1930, Produsen mobil Ardie motorcyle yang berasal dari kota Nuremberg memberikan Ganz kesempatan untuk membangun prototipe pertama Volkswagen. Prototipe menampilkan chasiss backbone sentral dengan mesin mid mounted, suspensi independen dengan swing axles, desain sederhana, terbuka, dan bodi berbentuk seperti kumbang. Namun rencana produksi secara masal terhenti ketika sebuah perusahaan mobil terkemuka di Jerman menghalangi proposal perubahan hukum yang memungkinkan konsumen mengendarai mobil berukuran kecil.
Porsche HistoryJosef Ganz pada Prototipe May-Bug, 1931
Pengembangan konsep yang luar biasa telah menarik perhatian Adler, sebuah produsen mobil dari Frankfurt yang akhirnya merekrut Ganz sebagai konsultan engineer dan menawarkan fasilitas perusahaan untuk mengembangkan prototipe baru. Ganz menyelesaikan mobil ini pada bulan Mei 1931 dan memberikan gagasannya dengan nama Maikäfer (May Bug). Supaya mobil buatannya dapat diterima di pasar, Ganz mendesain mobilnya seperti mobil konvensional, dengan bentuk bodi rendah dan radiator palsu di depan.

Volkswagen HistoryJosef Ganz menguji  prototipe Ardie-Ganz Volkswagen, 1930

Prosche Menguji May Bug
Sama seperti yang terjadi di Ardi motorcyle, kekuatan industri telah menghalangi pengembangan lebih jauh pada May Bug di Adler, namun Ganz tetap diijinkan menyimpan prototipenya. Dia menggunakan May Bug sebagai alat demonstrasi teknologi dan mengajak para pakar mobil dan wartawan melakukan test drive untuk membuktikan nilai dari konsep Volkswagen nya. Hal ini telah menarik perhatian Ferdinand Porsche, sebelum akhirnya juga membuat desain mobil yang mirip untuk produsen mobil Zündapp motorcycle.
Pada musim panas tahun 1931 May Bug dikirim ke Stuttgart dengan menggunakan truk, dimana akan diuji oleh dewan direksi dan para engineering dari Mercedes Benz. Hal ini berdampak pada pengembangan mobil yang berbentuk mirip dengan kumbang (Beetle) dengan mesin 4 silinder yang terletak di bagian belakang dan dirancang dengan bantuan Josef Ganz. Pada waktu itu Ganz juga bekerja sebagai konsultan di perusahaan Mercedes Benz dan BMW.

Volkswagen HistoryPrototipe Beetle yang menyerupai Mercedes Benz 120H dengan mesin terletak di belakang, 1931

May Bug Menjadi Standard Superior
May Bug telah memicu booming pada industri mobil. Produsen yang sebelumnya berusaha menghalangi ide Ganz mulai mengadopsi ide-ide revolusionernya. Perlombaan untuk menciptakan mobil inovatif dengan desain volkswagen pun dimulai.
Bagaimanapun Ganz adalah orang pertama yang memasarkan Volkswagen, yang didukung oleh produsen mobil Standard Fahzeugfabrik dari Ludwigsburg. Dengan menggunakan paten Ganz mereka mengembangkan Standard Superior, versi mobil May Bug yang diproduksi secara masal dengan desain bodi seperti kumbang (Beetle), yang diperkenalkan pertama kali pada Berlin motor show di bulan Februari 1933.

Volkswagen HistoryStandard Superior pada Berlin motor show, 1933

Hitler
Hitler telah ditunjuk 2 minggu sebelumnya kurang dari dua minggu sebelum pembukaan Berlin motor show, dan menjadi orang yang akan membuka acara. Hitler banyak memuji karya para engineering Jerman dan selama pameran menyatakan minat yang serius pada Standard Superior dan ide Volkswagen untuk menggerakan warga Jerman. Salah satu undang-undang baru yang pertama kali diperkenalkan adalah setiap pemegang lisensi mengemudi dapat mengendarai mobil berukuran kecil seperti Standard Superior. Standard  Superior bahkan diuji oleh National Socialist Motor Corps dan laporan positif muncul pada majalah resmi tentara Jerman.
Kemudian muncul kejadian malapetaka yang menimpa Ganz. Gestapo telah menuduh Ganz melakukan pemerasan terhadap industri otomotif dan menangkapnya di Berlin pada tahun 1933. Ganz dipenjara selama satu bulan dan dibebaskan berkat teman-temannya yang memiliki pengaruh terhadap pemerintah Jerman. Meskipun telah dibebaskan dari penjara, Ganz dipaksa untuk keluar dari jabatannya sebagai kepala editor di Motor Kritik, dan konsultan Mercedes Benz dan BMW.

Volkswagen HistoryBrosur Standard Superior, 1933

Hitler Menyerahkan Kepada Porsche
Hitler kemudian bertekad untuk mendukung pengembangan Volkswagen bagi rakyat Jerman. Usaha melakukan kerjasama antara produsen mobil besar pun dilakukan oleh Hitler. Banyak produsen mobil besar yang menolak kerjasama dengan Hitler, kemudian terbentuklah sebuah konsorsium independen yang dipimpin oleh Ferdinand Porsche. Sebagai seorang Yahudi, pilihan tidak mungkin jatuh pada Josef Ganz. Porsche ditugaskan untuk merancang sebuah mobil rakyat seharga 1.000 Reichmark, harga jual maksimum yang disebarkan oleh Ganz di publikasi Motor Krtitk.
Nazi memastikan bahwa setiap koneksi Yahudi ke Volkswagen telah dihapus dari sejarah. Mereka melarang Ganz dari penerbitan dan pers Jerman. Dalam semalam pun nama Joseph Ganz menghilang dari dunia otomotif Jerman.

Swiss Volkswagen
Hanya dalam waktu 3 bulan, pada saat malam yang menegangkan, Gestapo muncul di rumah Ganz di Frankfurt untuk menangkapnya. Ganz diselamatkan dari peristiwa yang mengerikan dengan keberuntungan yang luar biasa. Pada saat peristiwa tersebut Ganz sedang berada di Swiss dalam rangka liburan. Ganz kemudian diperingatkan oleh seorang teman untuk tidak kembali ke Jerman. Dia hanya satu kali melakukan perjalanan rahasia ke Frankfurt untuk menyelamatkan arsipnya.
Setelah peristiwa tersebut, Ganz menetap di Zurich, Swiss. Di sana dia menunjukkan prototipe May Bug dan Standard Superior sebelum pemerintah Swiss secara resmi menandatangani kontrak untuk mengembangkan “Swiss Volkswagen” dengan dukungan finansial dari negara. Prototipe pertama dari Swiss Volkswagen selesai pada tahun 1937 dan mirip dengan sketsa asli Ganz dari tahun 1923. Rencana produksi akan yang akan dilakukan di Swiss, Perancis dan Polandia, tiba-tiba berhenti setelah tentara Jerman menginvasi Polandia pada tahun 1939. Pecahlah Perang Dunia ke II.

Volkswagen HistoryJosef Ganz pada salah satu prototipe Swiss Volkswagen, 1937

Perjalanan ke Australia
Josef Ganz selamat dari perang di Swiss, akan tetapi dia menghadapi banyak masalah dengan perusahaan Swiss yang mencoba untuk mengklaim desain Volkswagen. Swiss Volkswagen hanya diproduksi dalam jumlah yang kecil, seperti variasi Perancis, Julien MM5.
Meninggalkan semua permasalahan di Eropa, Josef Ganz berimigrasi ke Australia pada tahun 1951. Dia menemukan pekerjaan sebagai engineering di General Motor – Holden sampai masalah kesehatan memaksanya untuk pensiun. Ganz menderita serangan jantung dan praktis tidak membuatnya tidak dapat melakukan pekerjaannya. Ganz meninggal dalam ketidakjelasan pada tanggal 26 Juli 1967.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sumbalinga

"Saya tidak takut pada orang yang berlatih sekali untuk 10.000 tendangan, tapi saya takut pada orang yang berlatih satu tendangan sebanyak 10.000 kali"
Bruce lee