Pages

Minggu, 29 Juli 2012

Manfaatkan Puasa Untuk Mengurangi Serangan Jantung


Puasa adalah salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT bagi umat islam. Semua orang muslim yang sudah balig dan mampu diwajibkan untuk puasa. Ternyata bukan hanya bermanfaat untuk ibadah, puasa juga memiliki manfaat kesehatan yang sangat menakjubkan. Banyak manfaat yang didapat dari puasa, salah satunya adalah untuk mengurasi resiko terkena serangan jantung.
Serangan jantung merupakan salah satu penyakit yang banyak membunuh manusia. Mengingat betapa berbahayanya penyakit ini, banyak orang melakukan berbagai cara untuk mengobatinya, bahkan ada yang hingga mengeluarkan banyak uang untuk mengatasinya. Bagi anda yang memiliki resiko terkena serang jantung, Puasa bisa menjadi salah satu solusi mengatasinya. Studi yang dilakukan pada partisipan Uni Emirat Arab selama Ramadan tahun lalu menunjukkan berpuasa menyebabkan peningkatan dalam profil lipid, sehingga sangat mengurangi risiko stroke dan serangan jantung. Hasilnya, terdapat penurunan rata-rata 15 persen pada tingkat trigliserida (TG) dan 10,9 persen penurunan pada kolesterol low-density lipoprotein (LDL). Keduanya merupakan faktor risiko untuk serangan jantung.
Dari hasil keseluruhan, kadar TG turun sebesar 15,5 persen menjadi rata-rata 161,89 mg/dl dari sebelumnya 191,6 mg/dl diambil dua minggu sebelum awal puasa. Sementara itu, tingkat HDl rata-rata atau kolesterol baik melonjak sebesar 11 persen dari 37.1 mg/dl ke 41.19 mg/dl. Penelitian secara konsisten menunjukkan kenaikan rata-rata kolesterol baik (HDL) , sedangkan LDL dan trigliserida menurun. Hal ini akan mengurangi risiko menderita penyakit jantung.
Profil lipid adalah ukuran kolektif kolesterol total seseorang, yaitu kolesterol high-density lipoprotein (HDL, atau kolesterol baik), LDL (kolesterol jahat) and TG (triglycerides, bentuk lemak yang ditemukan dalam darah. Secara umum, HDL yang lebih tinggi dapat memangkas risiko serangan jantung, sementara LDL dan TG yang tinggi justru membuat orang rentan terhadap serangan jantung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sumbalinga

"Saya tidak takut pada orang yang berlatih sekali untuk 10.000 tendangan, tapi saya takut pada orang yang berlatih satu tendangan sebanyak 10.000 kali"
Bruce lee