Pages

Kamis, 30 Agustus 2012

Main piano asah pikiran

ANTARA/Wildan Anjarbakti

Jakarta (ANTARA News) - Para ahli yang telah melihat perubahan struktural pada otak pemain piano profesional berpendapat, memainkan piano berarti juga memainkan pikiran.

Peneliti gabungan dari Universitas College London dan Universitas Newcastle menemukan fakta bahwa mendengarkan dua nada yang dimainkan bersamaan akan menyelaraskan otak.

Hasil pindai otak mengukapkan, perubahan spesifik terjadi pada hipokampus, bagian otak besar yang berfungsi mengatur ingatan dan arah.

Fenomena ini juga berkaitan dengan jumlah waktu pemain piano melakukan pekerjaannya.

Peneliti dari The Wellcome Trust menggunakan resonansi magnetik untuk membandingkan otak 19 pemain piano profesional yang memainkan dua nada secara bersamaan dengan 19 orang lainnya.

Mereka melihat adanya perubahan spesifik pada are abu-abu, sel saraf yang bertugas memproses informasi, dan area putih, jaringan saraf, dalam otak para pemain piano.

Pemeriksa Sundeep Teki mengatakan "Kami telah mengetahui bahwa latihan musik dapat berkorelasi dengan perubahan struktur, tapi sekumpulan profesional menawarkan kesempatan langka untuk memeriksa kemampuan otak beradaptasi terhadap bentuk khusus mendengarkan."

Peneliti lainnya telah mencatat perubahan hipokampus yang serupa pada pengemudi taksi yang menyimpan detail informasi mengenai seluk-beluk jalan di kota London.

"Ada pekerjaan yang dilakukan hipokampus dalam analisis pendengaran. Studi kami merupakan bentuk konsisten dari tangga nada yang dibandingkan dengan navigasi spasial," kata ketua tim Profesor Tim Griffiths seperti dikutip BBC.co.uk.

(nta)
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sumbalinga

"Saya tidak takut pada orang yang berlatih sekali untuk 10.000 tendangan, tapi saya takut pada orang yang berlatih satu tendangan sebanyak 10.000 kali"
Bruce lee