Pages

Jumat, 10 Agustus 2012

Cara Cerdas Usir Bau Mulut saat Puasa


BUKAN menjadi hal yang aneh jika saat berpuasa produksi air liur dalam mulut berkurang sehingga menjadi lebih kering. Akibatnya bau mulut. 

Meski terlihat wajar, hal tersebut merupakan hal yang patut dihindari. Tidak mau kan hubungan sosial Anda akan terganggu akibat bau mulut? Nah, informasi berikut ini bisa menjadi cara Anda untuk mengurangi bau mulut saat puasa. 

1. Setelah santap sahur, bersihkan gigi dengan sikat dan pasta gigi yang mengandung fluoride.
2. Jika perlu, bersihkan sela-sela gigi dengan benang khusus gigi. 
3. Berkumurlah dengan obat kumur untuk membunuh bakteri yang bersarang di dalam rongga mulut. 
4. Bersihkan lidah dengan alat khusus yang sudah banyak tersedia di pasaran. 
5. Konsumsi air putih minimal 2-3 gelas saat sahur. 
6. Untuk cara alami, berkumur dengan ramuan daun sirih bisa menjadi solusi ampuh. Rebus dua gelas air dengan beberapa lembar daun sirih segar yang telah dicuci sebelumnya. Setelah dingin, ramuan ini bisa digunakan untuk berkumur setelah santap sahur dan berbuka puasa. 
7. Hindari makanan yang mengundang bau mulut seperti petai, jengkol, durian, dan bawang merah. 
8. Saat bersantai setelah berbuka puasa, Anda bisa mengonsumsi secangkir teh hijau. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Institut Teknologi Israel disebutkan bahwa teh hijau ampuh mengusir aroma tidak sedap pada mulut. Diketahui bahwa polyphenol dalam teh hijau mampu menghancurkan bakteri dalam mulut yang membuat pernapasan yang tidak sedap. (*/OL-06) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sumbalinga

"Saya tidak takut pada orang yang berlatih sekali untuk 10.000 tendangan, tapi saya takut pada orang yang berlatih satu tendangan sebanyak 10.000 kali"
Bruce lee