Pages

Kamis, 09 Agustus 2012

Masjid Ber Arsitektur Kuil Di China

Jika anda sedang berwisata ke Negara China, sempatkanlah untuk mengunjungi daerah Xi’an karena disana ada sebuah bangunan yang sangat unik, yaitu sebuah masjid terbesar dan terpopuler di Cina.
Namun, jangan anda bayangkan bentuk masjid yang bergaya modern dengan kubah dan menara serta dinding yang berhias kaligrafi dimana-mana. Karena arsitektur dari Masjid Xi’an ini sangat menyerupai kuil! Jika anda tidak jeli atau tidak paham tulisan China, bisa jadi anda mengira bahwa bangunan ini benar-benar sebuah kuil.

Masjid ini dibangun ratusan tahun silam, unsur-unsur arsitektur China sangat kental terasa pada masjid ini. Lihat saja desain yang ada pada gerbang lengkung kayu kuno, menara, paviliun, dinding besar dihiasi dengan ukiran-ukiran batu bata tanah liat, tablet batu dan halamannya. Masjid ini juga memiliki beberapa benda bersejarah yang dibuat dari Dinasti Qing dan Ming seperti furnitur, lukisan, ukiran dan beberapa tulisan kaligrafi terkenal lainnya.

Karena masjid ini memiliki desain yang bernilai seni tinggi, maka masjid ini disebut-sebut sebagai salah satu masjid terunik di dunia. Bahkan, pada tahun 1956, pemerintah China mencanangkan bahwa masjid ini berada dalam perlindungan dari Pemerintah Provinsi Shaanxi dan dijadikan salah satu objek sejarah paling penting di China.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sumbalinga

"Saya tidak takut pada orang yang berlatih sekali untuk 10.000 tendangan, tapi saya takut pada orang yang berlatih satu tendangan sebanyak 10.000 kali"
Bruce lee